JENIS-JENIS JARINGAN (NETWORK) KOMPUTER


              Dalam network (jaringan) tedapat beberapa macam yang terdiri dari luas jangkauannya yaitu PAN (PERSONAL AREAN NETWORK), LAN (LOCAL AREA NETWORK), WAN (WIDE AREA NETWORK), MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK).

PAN (PERSONAL AREA NETWORK)

              Personal area network atau sering di sebut PAN memiliki jangkauan yg sangat dekat yang hanya beberapa meter saja jaungkauan yg dapat ia cangkup seperti hal nya antara handphone ken handphone yg menggunakan bluetooth , atau aplikasi protocol wireless seperti aplikasi SHAREIT yang ada pada smartphone , atau menggunakan kabel sperti halnya handphone ke komputer yang menggunakan kabel USB.

LAN (LOCAL AREA NETWORK)

             Local area network atau LAN memiliki jangkauan yang lebih luas dari PAN , jaringan ini sering di gunakan untuk wilayah kecil seperti dalam satu ruangan atau sekolah,gedung,prusahaan dll.
jaringan LAN ini biasa menggunakan SWITCH untuk mencangkup nya . dapat menggunakan wifi atau kabel.


MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK)

             Merupakan suatu jaringan komunikasi dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai macam lokasi seperti, perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya.dan dalam jaringan ini biasa nya menggunakan ROUTER BROADBRAND

WAN (WIDE AREA NETWORK)

Wide area network atau WAN ini jaringan yang jangkauan nya paling luas . bisa mencangkupi antar negara dan dunia . dan pada jaringan ini menggunakan satelit

LUAS JARAK MASING-MASING JARINGAN

PAN       1 s.d 10                        (METER)
LAN       10 s.d1000                   (METER)
MAN      10.000 s.d 100.000      (METER)
WAN     100.000 s.d 1.000.000  (METER)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT ERD (ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM) DAN LRS (LOGICAL RELATIONSHIP STRUCTURE)

Cara membuat database dan mengoperasikan MYSQL di CMD (command prompt)